CAHYA, KHARISMA (2008) Program Bantu Pembelajaran Aritmetika Dengan Sempoa Berbasis Multimedia Pada Anak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aritmatika merupakan salah satu kajian ilmu yang mempelajari tentang operasi dasar bilangan yang sangat penting di antara ilmu yang lain, dikarenakan berhubungan dengan proses menghitung dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi yang Sering diajarkan dan menjadi dasar pada Aritmatika yaitu operasi perhitungan perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Namun metode penjelasan aritmatika agar mudah dipahami dan terampil menentukan hasilnya, sampai kini menjadi permasalahan. Strategi pengajaran masih belum memaksimalkan keterampilan anak-anak dalam menentukan hasil-hasil perhitungan secara baik. Perhitungan dengan menggunakan sempoa merupakan salah satu metode untuk membantu perhitungan aritmatika tersebut. Namun dalam perkembanganya hingga saat ini, pengajaran sempoa masih mengalami hambatan-hambatan yang membuat metode tersebut masih cukup sulit untuk dipahami. Pesatnya perkembangan teknologi informasi multimedia sekarang ini apabila diaplikasikan dalam bidang pendidikan pengajaran tentu akan membawa perkembangan pada teknik pendekatan terhadap proses, mekanisme, strategi dan metode belajar mengajar. Dibuatnya program bantu pembelajaran aritmatika sempoa diharapkan dapat menjadi solusi dalam pendekatan strategi baru dalam belajar berhitung aritmatika tersebut, dengan menyediakan sebuah lingkungan belajar yang memiliki kemampuan animatif dan daya tarik user interface yang lebih baik sehingga dapat menumbuhkan ketertarikan dan kemampuan anak dalam mempelajari perhitungan menggunakan sempoa. Kata Kunci : Aritmatika, Sempoa, Multimedia, Program Bantu, Anak-anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 16:40 |
Last Modified: | 10 Oct 2014 16:40 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10591 |
Actions (login required)
View Item |