UDiNus Repository

Rekayasa Otentikasi dan Administrasi Jaringan Wireless Berbasis Web Menggunakan Metode RAD dengan Memanfaatkan NAS Mikrotik

DICCA, RACHMATIKA (2008) Rekayasa Otentikasi dan Administrasi Jaringan Wireless Berbasis Web Menggunakan Metode RAD dengan Memanfaatkan NAS Mikrotik. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan area hotspot pada masa sekarang semakin tak terelakkan. Sebelum dapat mempergunakan akses yang disediakan oleh penyedia layanan hotspot, pengguna harus melakukan otentikasi terlebih dahulu, di mana cara otentikasi yang dapat digunakan sangat bervariasi, dari cara yang termudah hingga yang tersulit menurut pengguna awam. Perancangan perangkat bantu administrasi dan otentikasi berbasis Web ini dimaksudkan agar pengguna layanan hotspot tetap dapat mempergunakan layanan yang ada dengan cara semudah mungkin tanpa harus mengerti tentang masalah jaringan yang akan dipergunakannya. Aplikasi yang dibuat dan otentikasinya memegang peranan penting untuk menjembatani antara penggunaan jaringan hotspot dengan layanan yang akan diberikan dalam penggunaan layanan hotspot tersebut, sehingga interaktifitas yang dibutuhkan oleh pengguna dapat di tekan seminimal mungkin. Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan sebuah sistem dan perangkat bantu untuk otentikasi dan administrasi. Dengan mempergunakan otentikasi berbasis web untuk penggunaan layanan hotspot, maka pengguna dapat menggunakan hotspot tersebut tanpa harus bersusah payah terlebih dahulu untuk mempelajari tentang model koneksi yang akan dipergunakan. Sistem yang ditawarkan juga bersifat adaptif, dimana dapat dikembangkan lebih lanjut. Kata Kunci : Wireless LAN (W-LAN), Wi-Fi, Hotspot, Internet connection, RADIUS, AAA, Authentication, Authorization, Accounting, Captive Portal, NAS, Mikrotik. xiv + 99 halaman ; 51 gambar ; 19 tabel ; 1 lampiran Daftar Acuan : 16 ( 1993 – 2008 )

Item Type: Article
Subjects: T Technology > Teknik Informatika
Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Psi Udinus
Date Deposited: 10 Oct 2014 16:41
Last Modified: 10 Oct 2014 16:41
URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item