UDiNus Repository

Pemanfaatan Quick Response Code (QR-Code) pada Museum Negeri Ronggowarsito Sebagai Media Visualisasi Detil informasi Benda Koleksi.

ELFIRA, PURNAMASARI (2008) Pemanfaatan Quick Response Code (QR-Code) pada Museum Negeri Ronggowarsito Sebagai Media Visualisasi Detil informasi Benda Koleksi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK “Pemanfaatan Quick Response Code (QR-Code) pada Museum Negeri Ronggowarsito Sebagai Media Visualisasi Detil informasi Benda Koleksi.” Berangkat dari permasalahan yang belum dapat diselesaikan pada penelitian sebelumnya (digitalisasi museum Ronggowarsito), yaitu rentannya kesalahan input dari pengguna awam melalui papan kunci. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, digunakan QR-Code sebagai perangkat input yang merupakan pengembangan dari Barcode. Kelebihan QR-Code adalah pada penggunaan pola grafik dua dimensi, sehingga data yang disimpan relatif lebih panjang daripada Barcode. Kelebihan ini yang membuat QR-Code sangat cocok digunakan untuk perangkat bantu input kode koleksi barang, dan juga alamat URL detail koleksi pada portal museum yang telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini menghasilkan sebuah perangkat lunak berbasis web yang digunakan untuk manajemen koleksi museum digital yang mampu menggenerate QR-Code sebagai alat bantu input. QR-Code yang dihasilkan bisa dibaca secara langsung oleh reader yang berupa perangkat lunak yang sudah banyak ditanam pada perangkat bergerak berbasis Symbian, iPhone, dan Android. Perangkat lunak pada penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode prototyping yang mampu mengakomodir skalabilitas dengan baik. Adapun langkah iteratif prototyping pada penelitian ini adalah (1) pengumpulan kebutuhan, (2) pembangunan prototype, (3) evaluasi prototype, (4) pengodean perangkat lunak, (5) pengujian, (6) evaluasi, (7) dan selanjutnya adalah perulangan dari langkah 4 sampai 6 hingga mendapatkan perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan penggunaan QR-Code sebagai alat bantu input visualisasi detil koleksi museum, dapat mengoptimalkan penggunaan Museum Digital dan Portal Museum yang sudah dibuat pada penelitaian sebelumnya. Pengguna tidak perlu menginputkan alamat URL yang panjang untuk mengetahui detil dari koleksi museum. Kata kunci: Museum, Perangkat Bergerak, Prototype, QR-Code. xiii+69 halaman; 47 gambar, 16 tabel Daftar acuan: 16 (2004-2010)

Item Type: Article
Subjects: T Technology > Teknik Informatika
Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Psi Udinus
Date Deposited: 10 Oct 2014 16:41
Last Modified: 10 Oct 2014 16:41
URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item