UDiNus Repository

Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Konsep Transparansi Penilaian Untuk Penerimaan Beasiswa PPA dan BBM Universitas Dian Nuswantoro Semarang

AGUS, SUYANTO (2012) Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Konsep Transparansi Penilaian Untuk Penerimaan Beasiswa PPA dan BBM Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3548b) | Preview

    Abstract

    Tidak adanya kriteria penilaian yang jelas untuk penyaluran beasiswa PPA dan BBM dari DIKTI, membuat pihak BIMA mengambil kebijakan dengan menentukan kriteria penilaian sendiri. Program penyaluran beasiswa PPA dan BBM yang diterapkan di UDINUS belum memberikan keterbukaan (transparansi). Metode SAW sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Alternatif dalam hal ini adalah mahasiswa, dan atribut adalah kriteria. Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode SAW untuk penyaluran beasiswa PPA dan BBM dapat membantu BIMA untuk mendukung pengambilan keputusan. Adanya transparansi dengan menampilkan hasil perankingan berupa jumlah skor dan skor untuk masing-masing kriteria dan mahasiswa, serta keterangan mengenai kriteria penilaian dapat membantu dalam proses penyaluran beasiswa PPA dan BBM bagi UDINUS.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:46
    Last Modified: 19 Nov 2014 00:39
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10852

    Actions (login required)

    View Item