UDiNus Repository

ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ROUTING PROTOKOL OSPF DAN EIGRP UNTUK MEMBERIKAN REFERENSI PADA JARINGAN DINUSTECH - UDINUS

ANUR, DIYANTO TRI (2012) ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ROUTING PROTOKOL OSPF DAN EIGRP UNTUK MEMBERIKAN REFERENSI PADA JARINGAN DINUSTECH - UDINUS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3928b) | Preview

    Abstract

    Dengan pertumbuhan Internet, ISP (Internet Service Provider) PT Dian Nuswantoro Technology (Dinustech) mencoba untuk menambah permintaan traffic dengan mengadopsi teknologi baru dan meningkatkan kemampuan dalam operasi pelayanan mereka kepada user, termasuk di dalam lingkungan Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jaringan Dinustech – UDINUS saat ini menggunakan routing protokol OSPF sebagai salah satu routing protokol dalam layanan internetnya. Routing protokol OSPF merupakan routing protokol berbasis link state. Menggunakan algoritma Dijkstra untuk menghitung Shortest Path First (SPF). Menggunakan cost sebagai routing metric. Kemampuan dari routing protokol OSPF yang digunakan pada Dinustech – UDINUS tersebut akan dibandingkan dengan routing protokol EIGRP. Routing protokol EIGRP adalah routing protokol yang hanya diadopsi oleh router Cisco. EIGRP menggunakan formula berbasis bandwidth dan delay untuk menghitung metric yang sesuai dengan suatu rute dan tidak membutuhkan desain ekstra. Penelitian pada tugas akhir ini membandingkan kedua routing protokol tersebut dengan menggunakan program simulasi jaringan Cisco Packet Tracer. Hasil dari penelitian ini memberikan referensi routing protokol mana yang baik untuk digunakan pada jaringan Dinustech – UDINUS mengenai kemampuan routing protokol OSPF ataupun EIGRP.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:47
    Last Modified: 18 Nov 2014 23:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10917

    Actions (login required)

    View Item