UDiNus Repository

Pengenalan Lagu-lagu Daerah dan Alat-alat Musik Tradisional di Indonesia Menggunakan Sistem Multimedia On Demand Streaming Berbasis Web

IMAM, RUSMAN MUHARROM (2012) Pengenalan Lagu-lagu Daerah dan Alat-alat Musik Tradisional di Indonesia Menggunakan Sistem Multimedia On Demand Streaming Berbasis Web. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Indonesia sangat kaya dengan aneka macam kebudayaan daerah, dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari bahasa, pakaian adat, budaya dan tradisi, budaya tari-tarian, aneka seni rupa, dan lain sebagainya. Semua itu terkombinasi menjadi bagian yang sangat unik dari kebudayaan nasional itu sendiri. Budaya daerah / musik tradisional merupakan salah satu identitas bangsa. Beragam tantangan seakan hendak meruntuhkan dan menenggelamkan keberadaannya. Sebagai generasi penerus, kita wajib melestarikannya lewat ide serta kreasi-kreasi baru, yang tentunya tidak memudarkan makna dan tujuannya. Sistem multimedia on-demand streaming berbasis web HTML 5 menjadi pilihan penulis untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan pelestarian budaya Indonesia khususnya lagu daerah dan alat musik tradisional sebagai kekayaan budaya asli negeri serta perwujudan kebudayaan nasional. Laporan tugas akhir ini menguraikan aktifitas-aktifitas tahap pengembangan sistem sesuai dengan rumusan dan batasan masalah. Desain sistem ini bermaksud menyampaikan informasi yang meliputi lagu daerah serta alat musik tradisional sesuai asal daerah (provinsi). Pada tahap akhir pengembangan sistem, dilakukan evaluasi terhadap proses dan produk perangkat lunak. Hal-hal apa yang telah dilakukan dan belum dilakukan pada proses pengembangan sistem ini diulas pada bagian akhir laporan ini.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:48
    Last Modified: 18 Nov 2014 23:36
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10930

    Actions (login required)

    View Item