UDiNus Repository

Pemanfaatan File Server Berbasis Linux Untuk Menyimpan Data Praktikum Siswa Di Laboratorium Komputer SMK NU 02 Rowosari Kabupaten Kendal

Saeful, Mujab (2012) Pemanfaatan File Server Berbasis Linux Untuk Menyimpan Data Praktikum Siswa Di Laboratorium Komputer SMK NU 02 Rowosari Kabupaten Kendal. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3804b) | Preview

    Abstract

    File Server merupakan suatu komputer yang digunakan untuk menyimpan data yang dapat diakses oleh banyak pengguna. Hal ini dilatarbelakangi oleh perlu adanya penyimpanan data dalam jumlah yang besar kedalam sistem operasi linux yang mempunyai tingkat keamanan data maupun user yang dapat diandalkan. File Server disini tidak hanya menyimpan data dan user saja, tetapi dapat juga mengatur kapasitas penyimpanan untuk setiap user. Client yang sudah terdaftar sebagai user didalam server akan melakukan koneksi melalui windows login dengan mengisikan username, password, dan domain server . Jika sudah terjadi koneksi dengan server, maka server tersebut akan melanjutkan dengan autentikasi dan kemudian dapat melakukan penyimpanan data maupun aktivitas lainnya tanpa harus mengkoneksikan lagi ke server dengan menggunakan aplikasi yang lain. Proses penyimpanan data dapat dilakukan oleh user ( pengguna ) dengan menggunakan komputer client yang terhubung dengan server melalui jaringan komputer dengan terlebih dahulu membuka jendela Windows Explorer. Pengujian dilakukan dengan menggunakan dua buah komputer dan diperoleh bahwa proses autentikasi dapat berjalan dengan baik, penyimpanan data dalam jumlah yang besar dapat dilakukan dengan baik.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika - D3
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:49
    Last Modified: 18 Nov 2014 22:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/10991

    Actions (login required)

    View Item