LAILIN, NUZUMATIN (2012) MEDIA PEMBELAJARAN TERMODINAMIKA UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMK ISLAM AL-AMIN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Latar belakang dalam pembuatan aplikasi pembelajaran mata pelajaran Fisika pada pokok bahasan Termodinamika ini, didasari oleh sulitnya siswa menyerap pelajaran ini dikarenakan ruang lingkup termodinamika yang mempunyai unsur yang hanya bisa dipahami ketika terjadi interaksi dengan panca indera yang tepat atau bisa dikatakan karena mata pelajaran itu sendiri. Selain itu, mata pelajaran fisika juga merupakan salah satu mata pelajaran eksak yang sulit untuk dibayangkan. Aplikasi pembelajaran fisika ini dibuat guna membantu sistem pembelajaran yang ada sekarang. Dengan menggunakan metode multimedia yang tidak hanya berbentuk visual namun juga menggunakan audio akan lebih cepat dapat dimengerti dibandingkan dengan hanya menggunakan kata-kata, aplikasi pembelajaran ini diharapkan mampu untuk membantu siswa mempelajari materi termodinamika. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan aplikasi pembelajaran ini, yaitu menggunakan model pengembangan multimedia,yang dijelaskan oleh Luther (Sutopo, 2006) yaitu meliputi perancangan konsep, perancangan desain, pengumpulan data/materi, proses pembuatan atau assembly, pengujian/testing dan distribution (pendistribusian). Hasil akhir dari pembuatan aplikasi pembelajaran ini adalah sebuah aplikasi media pembelajaran termodinamika, yang memungkinkan siswa membantu mempelajari termodinamika dengan senang secara mandiri, kapanpun dan dimanapun tanpa tergantung keberadaan pengajar.
Actions (login required)