UDiNus Repository

KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN DES (DATA ENCRYPTION STANDARD)PADA DATA KORBAN KEKERASAN DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PROVINSI JAWA TENGAH

AGUS, SETIAWAN (2012) KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN DES (DATA ENCRYPTION STANDARD)PADA DATA KORBAN KEKERASAN DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Informasi saat ini sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. Bahkan ada yang mengatakan bahwa saat ini sudah berada di sebuah masyarakat berbasis informasi (information based society). Kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi sebuah organisasi, baik yang berupa organisasi komersial, perguruan tinggi, lembaga pemerintahan, maupun individual. Sangat pentingnya nilai sebuah informasi menyebabkan seringkali informasi hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu. Jatuhnya informasi ke pihak lain dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi, sehingga masalah keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi. Pusat Pelayanan Terpadu Provinsi Jawa Tengah memiliki Data-data yang bersifat privacy menyangkut aib korban serta orang-orang yang bersangkutan, dan terkait proses hukum. Maka data tersebut harus di jaga kerahasiaan dan keaslianya agar aib korban serta orang-orang yang bersangkutan tidak tersebar dan tidak terjadi sabotase data yang akan melemahkan korban dan menguntungkan orang yang berkepentingan saat proses hukum dilakukan. Untuk itulah penulis membuat aplikasi ini sebagai keamanan data, aplikasi ini dapat melindungi data dengan memanipulasi data asli menjadi data sandi (Ciphertext) dengan menggunakan metode enkripsi deskripsi algoritma DES (Data Encryption Standart). Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman JAVA.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:51
    Last Modified: 18 Nov 2014 22:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11050

    Actions (login required)

    View Item