HERMI, YASMINA ARUM (2012) Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Perangkat Komputer Untuk Siswa SMP. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Secara umum manfaat media pembelajaran dapat memperlancar interaksi antara guru dengan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Dari hal tersebut sangatlah jelas bahwa peran media pembelajaran mempunyai kontribusi yang besar terhadap pelaksanaan proses pembelajaran di pendidikan formal yaitu sekolah. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan metode waterfall. Model ini melakukan pengembangan secara sistematis dan urut mulai dari level analisa dan kebutuhan sistem, perancangan sistem, implementasi dan unit testing, pengujian atau evaluasi, serta operasi dan perawatan. Pada proses pembuatan Media Pembelajaran Interaktif penulis menggunakan software animasi yaitu Adobe Flash CS3. Media Pembelajaran Interaktif ini berisi menu-menu yang dapat dinikmati oleh pengguna. Seperti menu Home, menu Definisi Komputer, menu Perangkat Hardware, menu Sistem Operasi, menu Program Aplikasi, dan juga menu Evaluasi. Media Pembelajaran Interaktif ini menyajikan teori dan soal-soal sebagai evaluasi pembelajaran Pengenalan Perangkat Komputer. Dalam pembuatan laporan tugas akhir ini penulis dapat menarik kesimpulan bahwa melalui Media Pembelajaran Interaktif, siswa lebih mudah memahami pelajaran terutama dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta siswa dapat belajar kapan dan dimana saja. Selain itu aplikasi ini juga dapat berperan sebagai media bantu mengajar bagi para guru agar siswa lebih tertarik untuk belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 16:52 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 21:10 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11085 |
Actions (login required)
View Item |