UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan dengan Fuzzy Logic Metode Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Produksi pada Amalia Batik Production Pekalongan

NAILATUN, NI`MAH (2012) Sistem Pendukung Keputusan dengan Fuzzy Logic Metode Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Produksi pada Amalia Batik Production Pekalongan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3932b) | Preview

    Abstract

    Penentuan jumlah produksi dalam suatu perusahaan maupun home industry merupakan suatu hal yang sangat penting sebelum memulai proses produksi. Oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu user dalam mengambil keputusan yang disebut sistem pendukung keputusan. Sistem Pendukung Keputusan atau SPK merupakan suatu sistem yang membantu user dalam menyelesaikan permasalahan yang semi terstruktur. Banyak teknik yang dipakai untuk membuat SPK, salah satunya dengan Logika Fuzzy. Logika Fuzzy merupakan salah satu teknik penyelesaian masalah dimana derajat keanggotaan yang biasanya direpresentasikan dengan nilai antara 0 dan 1, sehingga dapat lebih tepat dan seimbang. Salah satu metode fuzzy yang dapat digunakan dalam memecahkan permasalahan tersebut adalah Metode Tsukamoto Fuzzy Inference System yang menerapkan rata-rata terbobot untuk menghitung jumlah produksi sebagai hasil akhirnya. Disini Amalia Batik Production merasa kesulitan dalam menentukan jumlah produksi batik per bulan yang tepat dan akurat. Untuk itu perlu dibangun SPK yang dapat menentukan jumlah produksi per bulan yang lebih cepat, tepat dan seimbang dibandingkan dengan perhitungan manual. Maka penulis mengambil judul laporan tugas akhir "Sistem Pendukung Keputusan dengan Fuzzy Logic Metode Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Produksi pada Amalia Batik Production Pekalongan".

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:52
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11111

    Actions (login required)

    View Item