UDiNus Repository

Perancangan Perangkat Lunak Pelayanan Humas Berbasis SMS Broadcast Pengingat Jatuh Tempo Donor di UDD PMI Kota Semarang dengan Pengambilan Data Menggunakan Teknik Cursor antar Database

NUR, PAMUNGKAS ADY (2012) Perancangan Perangkat Lunak Pelayanan Humas Berbasis SMS Broadcast Pengingat Jatuh Tempo Donor di UDD PMI Kota Semarang dengan Pengambilan Data Menggunakan Teknik Cursor antar Database. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    UDD PMI Kota Semarang memiliki SIM Transfusi-Darah untuk menangani pelayanan transfusi darah meliputi pengecekan darah di Lab dan melayani data pedonor. Namun SIM tersebut belum mempunyai fasilitas pengiriman SMS untuk mengingatkan pedonor setelah 75 hari dari waktu dia mendonor. Sehingga penulis merancang perangkat lunak untuk melengkapi dari SIM Transfusi-Darah dengan memberikan fasilitas SMS pengingat jatuh tempo donor. Akan tetapi pada saat perancangan aplikasi, penulis kesulitan dalam mendapatkan data yang ada di server database UDD PMI Kota Semarang agar tidak mengganggu SIM Transfusi-Darah yang telah berjalan. Lalu penulis menggunakan metode cursor untuk mendapatkan data pedonor meliputi nama, nomer handphone, golongan darah, dan tanggal terakhir pedonor melakukan kunjungan. Berdasarkan dari tanggal terakhir kunjungan pedonor, maka penulis menggunakan cursor pengambilan data dengan menambahkan kunjungan terakhir 75 hari sehingga didapatkan jatuh tempo donor selanjutnya. Metode pengembangan sistem aplikasi ini menggunakan metode RAD yang meliputi pemodelan bisnis, pemodelan data, pemodelan proses, pembentukan aplikasi, dan pengujian. Melalui aplikasi Pelayanan Humas SMS Broadcast pengingat jatuh tempo donor dengan pengambilan data menggunakan cursor, dapat membantu mencari data pedonor dengan cepat dan tepat sesuai dengan kriteria tertentu dan dapat membantu UDD PMI Kota Semarang menangani masalah kekurangan stok darah karena pedonor menjadi sadar kapan waktunya untuk medonorkan darahnya kembali.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:52
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:45
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11115

    Actions (login required)

    View Item