UDiNus Repository

Sistem Pendukung Keputusan Diagnosa Hematologi-Onkologi Dengan Metode Inferensi Forward Chaining Untuk Memberikan Informasi Gejala dan Membantu Deteksi Dini Pada Penyakit Kanker

RIDHA, FITRIANI (2012) Sistem Pendukung Keputusan Diagnosa Hematologi-Onkologi Dengan Metode Inferensi Forward Chaining Untuk Memberikan Informasi Gejala dan Membantu Deteksi Dini Pada Penyakit Kanker. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4051b) | Preview

    Abstract

    Proses deteksi dini penyakit kanker darah (hematologi-onkologi) dan pemahaman tentang penyakit tersebut masih kurang. Masyarakat yang mayoritas orang awam tentang kanker dan sebagainya tergolong buta informasi di bidang hematologi-onkologi. Dalam hal ini, kebutuhan informasi yang cepat dan tepat dari ahli kesehatan atau dokter spesialis penyakit dalam sangatlah dibutuhkan untuk deteksi dini. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi penyebaran informasi tentang penyakit hematologi-onkologi melalui teknologi web. Implementasi dari solusi tersebut adalah sistem pendukung keputusan diagnosa hematologi-onkologi. Metode di sistem pendukung keputusan dalam proses pencarian menggunakan metode pendekatan forward chaining. Metode pendekatan forward chaining merupakan metode pencarian yang diawali dari adanya gejala-gejala yang kemudian menghasilkan hasil diagnosa penyakit. Dalam pembuatan sistem menggunakan metode pengembangan waterfall yang diawali dari tahap rekayasa sistem, analisis sistem, perancangan, pengkodean, pengujian, dan perawatan yang dilakukan secara urut. Masyarakat dapat menggunakan sistem pendukung keputusan diagnosa hematologi-onkologi untuk konsultasi tentang gejala yang dialaminya. Solusi sistem pendukung keputusan diagnosa hematologi-onkologi dapat memberikan informasi tentang hematologi-onkologi dan digunakan untuk proses deteksi dini terhadap penyakit kanker.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:52
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:45
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11116

    Actions (login required)

    View Item