UDiNus Repository

Rekayasa Sistem Informasi Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Bina Mandiri PNPM MD di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

JOKO, PRIO HARDIANTO (2012) Rekayasa Sistem Informasi Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP) Pada Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Bina Mandiri PNPM MD di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Salah satu jenis kegiatan dari PNPM MD adalah Penambahan permodalan simpan pinjam untuk Kelompok Perempuan (SPP). Kegiatan ini bersifat dana bergulir yan dikelola oleh UPK . Pengertian dana bergulir dalam penjelasan ini adalah dana yang berasal dari dana BLM Program yang telah dikembalikan ke UPK sebagai pengelola dan digulirkan kembali ke masyarakat. Dengan berbagai penguatan perangkat pengelolaan dan model pendampingan dalam memberikan dampak yang menunjukkan hasil pengelolaan dana bergulir yang transparan dan mempunyai akuntabilitas. Di UPK Kecamatan Boja sendiri saat ini memiliki aset dana bergulir yang lebih dari 2,5 milyar dengan jumlah kelompok mencapai 341 kelompok dengan peminjam sebanyak 1760 orang. Dengan pengelolaan aset yang sangat besar dan dengan jumlah kelompok peminjam yang akan semakin banyak, diharapkan kedepannya UPK akan menjadi sebuah lembaga yang lebih profesional dalam pengelolaan dana bergulir dengan tetap mengedepankan aspek pemberdayaan. Dengan adanya tuntutan tersebut maka permasalahan dan kendala yang ada saat ini tentang pengelolaan data dan pelayanan terhadap masyarakat dapat diatasi dengan membuat sebuah Sistem Informasi yang khusus dirancang untuk membantu pengelolaan data dan pelayanan terhadap masyarakat tersebut. Dengan adanya sistem tersebut pengelolaan data dan pelayanan terhadap masyarakat bisa berlangsung secara maksimal dan UPK bisa tumbuh dan berkembang menjadi sebuah lembaga yang diharapkan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:52
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:40
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11120

    Actions (login required)

    View Item