UDiNus Repository

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pasien Rawat Jalan Berbasis LAN pada Puskesmas Puledagel Kec.Jepon Kab. Blora

JUNERIKA, PRATAMA KUKUH (2012) Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pasien Rawat Jalan Berbasis LAN pada Puskesmas Puledagel Kec.Jepon Kab. Blora. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pada saat ini banyak Puskesmas yang mengalami kendala dalam pengolahan data pasien, begitu juga yang dialami Puskesmas Puledagel, Blora dimana pengolahan data masih belum terkomputerisasi dengan baik. Misalnya pendataan pasien yang masih menggunakan buku daftar pasien, dan pembuatan laporan dengan Ms. Excel, serta pencarian data pasien yang memerlukan waktu yang lama. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk membuat sebuah perancangan sistem informasi rawat jalan pada Puskesmas Puledagel Blora, yang diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam mengelola data pasien serta meningkatkan kinerja Puskesmas Puledagel, Blora. Metode penelitian meliputi studi lapangan berupa pengamatan langsung dan wawancara dan studi kepustakaan dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan yang relevan dengan masalah tersebut. Analisis sistem dilakukan mulai dari analisis sistem yang sedang berjalan pada Puskesmas Puledagel, Blora, kemudian perancangan sistem dilakukan dengan penjelasan desain model, desain input, desain output, desain database dan dengan didukung landasan teori yang sesuai dengan materi yang dibahas. Maka dibuatlah pengembangan pada bagian administrasi rawat jalan dengan memanfaatkan bantuan komputer sehingga menghasilkan data yang akurat, cepat, efisien, dan memperkecil peluang kesalahan dalam pendataan pasien. Dengan demikian diusulkannya sistem yang baru berupa sistem informasi pendafataran yang mampu memberikan kemudahan-kemudahan bagi Puskesmas Puledagel, Blora dalam menangani data pasien serta dapat menghasilkan laporan-laporan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pengguna sistem.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:53
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11133

    Actions (login required)

    View Item