UDiNus Repository

PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA BALAI PENGOBATAN DAN RUMAH BERSALIN BAGAS CEPU GUNA MEMPERMUDAH PASIEN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN

YUSTINA, SAPTINI LELY (2012) PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA BALAI PENGOBATAN DAN RUMAH BERSALIN BAGAS CEPU GUNA MEMPERMUDAH PASIEN DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN KESEHATAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3974b) | Preview

    Abstract

    Dalam proses administrasi penghitungan biaya rawat inap maupun rawat jalan sering kali mendapatkan kesulitan. Selain itu, dalam pengolahan data dan pencarian obat, tindakan, sarana medis maupun kamar serta dalam pencarian data pasien lama maupun pembuatan daftar bagi pasien baru memerlukan waktu yang lama dikarenakan jumlah pasien yang tidak sedikit sehingga berpengaruh pada cepatnya pelayanan medis kepada pasien. Sehingga dalam penelitian ini mempunyai tujuan agar sistem informasi administrasi Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Bagas Cepu dapat digunakan untuk mempermudah pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Metode penelitian yang digunakan adalah siklus hidup pengembangan sistem (SDLC) yang meliputi analisis sistem, desain sistem, dan implementasi. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem informasi administrasi pasien, yang meliputi pengolahan data pasien, team medis, obat, sarana medis, tindakan, dan kamar serta pencarian data pasien dan penghitungan biaya rawat inap dan biaya rawat jalan. Dengan adanya sistem informasi administrasi ini diharapkan agar memudahkan Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin Bagas untuk mempermudah pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan seperti dalam pendaftaran, penghitungan biaya administrasi yang meliputi biaya rawat inap maupun rawat jalan.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:53
    Last Modified: 18 Nov 2014 20:27
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11136

    Actions (login required)

    View Item