EDI, PURWANTO (2012) Sistem Informasi Layanan Purna Jual (Repair Department) PT Sarana Kencana Mulya Berbasis Web. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Perancangan layanan Sistem Informasi dalam sebuah perusahaan harus memperhatikan aspek internal dan eksternal pengguna sistem. Aspek internal adalah pengguna sistem dari perusahaan itu sendiri yaitu karyawan sebagai user. Sistem aplikasi harus menjamin kebenaran dan keamanan database begitu juga harus terdapat pengaturan hak akses sehingga tidak ada satu pihak yang dirugikan karena kesalahan perancangan sistem ataupun prosedur kerja. Sistem harus mampu menangkap kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh user dan mengantisipasi dengan berbagai proteksi dan validasi sehingga dapat menghilangkan faktor kesalahan user. Sedangkan aspek eksternal adalah pihak luar yang dilayani menggunakan sistem informasi tersebut. Dalam kasus ini adalah customer PT Sarana Kencana Mulya. Customer tidak boleh dirugikan dan dipersulit oleh sistem informasi yang sedang berjalan di perusahaan tersebut, sebagai contoh adalah kemudahan klaim garansi.Dari hasil pengamatan, penulis menyimpulkan perlu adanya perbaikan dari sistem informasi yang sedang berjalan di PT Sarana Kencana Mulya. Perbaikan dilakukan pada sistem (beralih ke sistem web dengan basisdata terintegrasi/terpusat), keamanan database, khususnya hak akses, program aplikasi, dan prosedur kerja, khususnya prosedur validasi. Dengan beralih ke sistem web terintegrasi costumer akan merasa dimudahkan. Keuntungan dari segi intern yaitu kenerja perusahaan membaik serta menjadi efektif dan efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 16:53 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 20:19 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11145 |
Actions (login required)
View Item |