UDiNus Repository

IMPLEMENTASI INTERFACE KE PROXY SQUID SEBAGAI CONTENT FILTERING MENGGUNAKAN ICAP (INTERNET CONTENT ADAPTATION PROTOCOL) DIWARNET SETIA JAYA BANJARNEGARA

SUGENG, WIDODO (2012) IMPLEMENTASI INTERFACE KE PROXY SQUID SEBAGAI CONTENT FILTERING MENGGUNAKAN ICAP (INTERNET CONTENT ADAPTATION PROTOCOL) DIWARNET SETIA JAYA BANJARNEGARA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4064b) | Preview

    Abstract

    ICAP (Internet Content Adaptation Protocol) merupakan protokol RPC (Remote Procedure Call) berbasis HTTP yang didesain untuk memfilter konten spesifik. ICAP biasa berintegrasi dengan software lain semisal antivirus dan filter URL. ICAP memungkinkan client, dalam hal ini proxy, untuk melewatkan konten berbasis HTTP , seperti teks HTML, ke ICAP server untuk proses adaptasi konten sebelum diteruskan ke user. Proses filtering dan adaptasi dilakukan sesuai dengan script yang diberikan. Squid merupakan proxy server, mempunyai fungsi utama sebagai jembatan untuk request dari suatu jaringan ke jaringan luar. Bisa dipastikan semua request yang mengarah ke luar jaringan akan melalui proxy squid terlebih dahulu, sehingga memungkinkan untuk melakukan filtering terhadap konten-konten yang direquest oleh user. Dengan membuat interface ke proxy squid, halaman web yang berisi gambar berukuran besar dan berpotensi membebani bandwidth bisa diadaptasi sebelum sampai ke user. Hasil adaptasi tersebut berupa halaman web yang hanya berisi gambar berukuran kecil. User tetap diberi pilihan untuk menampilkan gambar yang terfilter jika menghendakinya. Diharapkan sistem ini bisa mengurangi beban pada proxy.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 16:54
    Last Modified: 18 Nov 2014 19:54
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11173

    Actions (login required)

    View Item