EKANINGTYAS, R. DHIAN (2012) Permainan Tradisional Congklak berbasis Mobile menggunakan Algoritma Backtracking. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3977b) | Preview |
Abstract
Permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya. Pada umumnya, permainan tradisional tumbuh dan berkembang dalam suatu masyarakat sehingga mencerminkan kebudayaan setempat. Permainan congklak merupakan salah satu jenis dari permainan tradisional indonesia yang mengandung nilai kejujuran.Permainan congklak ini merupakan permainan yang menggunakan papan congklak terdiri dari 16 lubang yaitu 14 lubang kecil yang saling berhadapan dan 2 lubang induk di ujungnya.Setiap pemain memiliki 7 lubang kecil dan 1 lubang induk.Dari permasalahan yang ada maka menimbulkan pemikiran untuk meimplementasikan permainan tradisional congklak ke dalam sebuah perangkat lunak agar dapat minumbulkan minat terhadap permainan tradisional congklak.Pada permainan ini akan dibuat satu pemain sebagai agen cerdas dengan menggunakan algoritma backtracking.Algoritma runut balik berbasis pada DFS (Depth First Search) sehingga aturan pencariannya akan mengikut kepada aturan pencarian DFS yaitu dengan mencari solusi dari akar ke daun (dalam pohon ruang solusi) dengan pencarian mendalam. Simpul-simpul yang sudah dilahirkan (diperiksa) dinamakan simpul hidup (live node). Simpul hidup yang sedang diperluas dinamakan simpul-E atau Expand Node. Dalam implementasiannya aplikasi ini diterapkan pada mobile dan menerapkan algoritma backtracking pada agen cerdasnya.Meskipun kurang maksimal dalam penerapan algoritma tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 16:58 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 18:59 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11238 |
Actions (login required)
View Item |