HALIM, HUSAIN MUHAMMAD (2012) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Untuk Mengatasi Prokrastinasi Di Kalangan Generasi Muda. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Salah satu kebiasaan buruk di kalangan generasi muda adalah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan. Dalam kajian psikologi, fenomena ini disebut Prokrastinasi. Prokrastinasi adalah perilaku manusia yang sering menunda-nunda baik tugas maupun pekerjaan dan pelakunya disebut prokrastinator. Prokrastinasi, selain menimbulkan masalah pada pekerjaan juga dapat merusak citra instansi dan merugikan masyarakat, tanpa disadari oleh pelakunya. Selain itu, prokrastinasi jika terus dilakukan dapat menyebabkan seseorang kehilangan peluang dan kerugian materi dengan jumlah yang tidak sedikit. Mengingat begitu kerasnya persaingan di era globalisasi ini, dimana dibutuhkan sumber daya manusia yang disiplin dan kreatif, maka perancang berupaya merancang iklan layanan masyarakat Tujuan perancangan ini yakni untuk mengatasi masalah prokrastinasi atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan di kalangan generasi muda. Target perancangannya sendiri, merupakan pelajar SMA dan mahasiswa umur 17-23 tahun di kota Semarang. Perancangan iklan layanan masyarakat ini dilakukan dengan membuat beberapa media sosialisasi yang mudah dimengerti dan dapat dengan mudah menyampaikan informasi yang terkandung dalam media sosialisasi tersebut. Media sosialisasi yang digunakan yakni berupa poster, booklet, & beberapa marchandise sebagai media pendukung. Sosialisasi ini dikatakan berhasil jika setelah diadakan sosialisasi terdapat penurunan jumlah prokrastinator akademik.Salah satu tolak ukurnya adalah persentasi jumlah kelulusan mahasiswa tiap tahunnya. Selain itu yang menjadi tolak ukur lainnya yakni jumlah siswa/mahasiswa yang mendapat nilai jelek karena terlambat / tidak mengumpulkan tugas akhir tiap semester.
Actions (login required)