RIZAL, ARDHI (2012) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG PELESTARIAN HUTAN MANGROVE DI DAERAH TUGU SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Indonesia adalah negara kepulauan yang cukup luas, hal ini menjadikan wilayah pesisir dan lautan Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi. Salah satu potensi kekayaan ekosistem pesisir pantai adalah hutan mangrove. Secara umum kondisi mangrove di Indonesia khususnya pantai utara jawa dalam kondisi mengkhawatirkan. Kondisi ini disebabkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan. Hal ini juga banyak terjadi di pesisir pantai wilayah Tugu, Semarang Barat. Sebagaian masyarakat Tugu Semarang Barat yang bermukim di wilayah pesisir pantai lebih mementingkan keuntungan sesaat tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam. Penelitian ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Tugu Semarang dari yang sebelumnya membabat hutan mangrove untuk tambak, menjadi melestarikan mangrove untuk kelangsungan bersama. Dengan menggunakan metode analisis data lapangan, yaitu data yang diambil dari KeSEMaT maupun pengamatan secara langsung di lapangan sehingga diperoleh permasalahan nyata di lapangan, maka kampanye dapat dilakukan dengan menggunakan media utama yaitu Video Iklan dan media pendukung berupa poster, X-Banner, Video Clip, dan boneka tangan untuk mendongeng. Iklan yang dipilih adalah melalui iklan kampanye sosial yang ditampilkan secara menarik dan mudah dimengerti sehingga maksud dan tujuan dapat tersampaikan dengan mudah. Media visual yang dipilih adalah iklan televisi yang menampilkan dampak positif dari kelestarian ekosistem hutan mangrove.
Actions (login required)