EKA, KURNIYATI RINA (2012) Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Usia Taman Kanak-Kanak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Belajar adalah sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan yang terjadi akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Tanpa disadari Bahasa Inggris kerap digunakan pada kehidupan sehari-hari. Maka pembelajaran Bahasa Inggris di taman kanak-kanak sangat penting mengingat peranannya di era globalisasi seperti sekarang ini. Namun dalam mengajarkan Bahasa Inggris pada rentang usia tersebut terdapat kendala,yaitu karakter anak yang masih memiliki keterbatasan dalam belajar. Masa itu, anak belum dituntut untuk fasih berbahasa Inggris karena rentang anak usia Taman Kanak-kanak hanya memiliki shorth term memory. Dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan anak diajak untuk menyukai belajar Bahasa Inggris agar ketika di tingkat pendidikan yang lebih tinggi anak-anak tetap terus ingin belajar Bahasa Inggris. Maka diperlukan sebuah media untuk belajar. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), penggunaan media pembelajaran menjadi lebih interaktif, salah satunya adanya media game dalam suatu pembelajaran. Jenis game educational memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar anak pada materi pelajaran sambil bermain. Sehingga dengan perasaan senang diharapkan anak bisa lebih mudah memahami materi pelajaran yang diajarkan mengingat karakteristik usia anak taman kanak-kanak.
Actions (login required)