LUSI, UTAMI ANGGRAINI (2012) Game Edukasi Karakter Jepang untuk Menambah Kemampuan Berbahasa Jepang Tingkat SMA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Bahasa Jepang merupakan salah satu Bahasa Asing yang dipelajari dalam dunia pendidikan di Indonesia. Walaupun sudah mulai di ajarkan di Indonesia khususnya bagi Sekolah Menengah Atas, namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa hasil pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia masih jauh dari tujuan yang diinginkan. Hal ini dapat dilihat dari lulusan SMA yang belum mampu menggunakan bahasa Jepang untuk berkomunikasi lisan. Mempelajari Bahasa Jepang tidak kalah pentingnya dengan Bahasa Asing lainnya. Dunia bisnis, perdagangan, pendidikan, pariwisata dengan warga negara dan pemerintahan negeri matahari terbit ini membutuhkan pengetahuan berbahasa Jepang. Dengan adanya pembelajaran bahasa Jepang di bangku SMA diharapkan dapat menjadi modal awal yang baik untuk menghadapi dunia kerja kelak. Namun, tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam pelajaran bahasa Jepang di bangku SMA menjadi kendala tersendiri dalam diterapkannya pembelajaran ini. Hal ini dibuktikan dengan data-data yang didapat melalui metode survey, interview serta studi pustaka. Maka, diperlukan media pembelajaran seperti game edukasi. Kelebihan dari game edukasi ini adalah membuat para siswa menjadi tidak mudah bosan serta materi pelajaran menjadi lebih mudah tersampaikan. Proyek akhir ini menguraikan tentang materi huruf kana, pola kalimat serta nama-nama barang dalam bahasa Jepang. Game edukasi ini dapat menjadi alternatif untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa siswi khususnya SMA.
Actions (login required)