ARIEF, GINANJAR (2012) Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Jawa untuk Melestarikan Budaya Jawa pada Kelas III SD Mlaten 1 Mijen Demak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Bahasa sebagai alat komunikasi paling utama bagi manusia. Salah satunya yaitu Bahasa Jawa yang merupakan bahasa asli Indonesia, khususnya yaitu suku bangsa jawa. Setiap bahasa, tentunya memiliki aksara tersendiri. Dan aksara dari Bahasa Jawa salah satunya yaitu Aksara Jawa atau yang lebih dikenal dengan HANACARAKA. HANACARAKA menjadi salah satu kebudayaan suku bangsa Jawa yang selalu dijaga kelestariannya. Salah satunya yaitu dengan tetap adanya sub bab tentang Aksara Jawa pada mata pelajaran Bahasa Jawa pada jenjang sekolah, dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Namun, pembelajaran tentang Aksara Jawa membuahkan hasil yang kurang maksimal. Hal ini terbukti dengan diadakannya penelitian pada SD Negeri Mlaten 1 Mijen Demak. Untuk itu, perlu adanya suatu pembelajaran yang mampu membuat minat belajar peserta didik menjadi lebih baik. Media pembelajaran berbasis multimedia mampu menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Diawali dengan animasi cerita yang menarik pada tampilan awal, media pembelajaran ini mampu membuat peserta didik lebih tertarik untuk belajar. Media pembelajaran ini dibuat berdasarkan kurikulum Sekolah Dasar, disertai adanya asal usul cerita Aksara Jawa, terdapat game di dalamnya dengan konsep ular tangga serta menyajikan pengenalan Aksara Jawa beserta Pasangannya dengan interaktif. Penggabungan unsur teks, gambar, animasi dan audio pada game ini, mampu membuat peserta didik tidak merasa jenuh dan lebih tertarik belajar tentang Aksara Jawa dan Pasangannya.
Actions (login required)