UDiNus Repository

Perancangan Basis Data Sistem Akademik pada SMA PL Don Bosko Semarang

NICO, MULYONO KARUNIA (2012) Perancangan Basis Data Sistem Akademik pada SMA PL Don Bosko Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4039b) | Preview

    Abstract

    SMA PL Don Bosko yang merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kota Semarang yang setiap tahun menerima siswa baru namun selama ini pengelolaan data siswa masih bersifat manual dan data siswa tersebut baru dikelola dengan menggunakan Microsoft Word dan Microsof Excel. Akan tetapi file-file dari Microsoft word dan Microsoft Excel tersebut disimpan kedalam file-file secara terpisah yang tidak saling terhubung. Seringnya operasi data dan penyimpanan file-file yang terpisah dan tidak saling terhubung akan menimbulkan masalah baru. Masalah tersebut adalah masalah pengolahan dan penulisan data, adanya kerangkapan data, mudah hilangnya data, dan lambatnya proses koreksi dan penyajian data. Masalah-masalah tersebut dapat menjadi penghambat dalam bekerja. Oleh karena masalah-masalah diatas, maka penggunaan teknologi informatika dalam sistem pendidikan sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengolahan, penyimpanan, dan penyajian data baik data sekolah maupun data siswa. Oleh karena itu, penulis berusaha mengkaji pemecahan masalah yang ada dengan merancang suatu basis data akademik.Alasan yang melandasi perancangan basis data untuk masalah diatas adalah mengantisipasi terjadinya kerangkapan data karena human error, menjaga integritas data, menghindari inkonsistensi data, serta mempermudah dan mempercepat pencarian data. Sehingga proses koreksi dan penyajian data dapat dilakukan dengan cepat.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:04
    Last Modified: 18 Nov 2014 15:14
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11484

    Actions (login required)

    View Item