UDiNus Repository

Rancang Bangun Computer Assisted Instruction Model Instructional Games untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aksara Jawa

DANIES, GUNAWAN AJI (2012) Rancang Bangun Computer Assisted Instruction Model Instructional Games untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aksara Jawa. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3839b) | Preview

    Abstract

    Aksara Jawa merupakan aksara daerah yang harus terus dilestarikan dan dipertahankan keberadaannya dari kepunahan karena merupakan salah satu aset dan kekayaan budaya bangsa. Bahkan, sejak 2 Oktober 2009 aksara Jawa telah diakui dunia dan mendapat pengakuan resmi dari Unicode, lembaga di bawah naungan UNESCO yang menangani standar kode aksara pada komputer di dunia. Meskipun aksara jawa telah diajarkan mulai dari sekolah dasar, namun dengan porsi yang kecil dan jarang digunakannya aksara ini pada kehidupan sehari-hari juga membuat siswa merasa kurang penting untuk mempelajari aksara Jawa ini. Oleh karena itu diperlukan suatu media yang dapat digunakan untuk belajar aksara Jawa dengan cara yang interaktif dan edukatif. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan perkembangan teknologi dan digitalisasi, yaitu pembelajaran berbantuan komputer atau yang lebih dikenal dengan Computer Assisted Instruction (CAI) model Instructional Games. Diharapkan dengan bentuk CAI model Instructional Games akan didapatkan proses pembelajaran menarik yang dikemas dalam bentuk interaktif sehingga muncul minat dan motivasi anak-anak untuk belajar aksara Jawa.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:05
    Last Modified: 18 Nov 2014 14:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11528

    Actions (login required)

    View Item