UDiNus Repository

REKAYASA PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMBANTU PROSES BELAJAR MEMBACA aL-QUR'AN TPQ RAUDHATUL QUR'AN ANNASIMIYYAH SEMARANG MOBILE PHONE

ROZIKIN, (2012) REKAYASA PERANGKAT LUNAK UNTUK MEMBANTU PROSES BELAJAR MEMBACA aL-QUR'AN TPQ RAUDHATUL QUR'AN ANNASIMIYYAH SEMARANG MOBILE PHONE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan utama Rekayasa Perangkat Lunak Untuk Membantu Proses Belajar Membaca Al-Qur'an TPQ RAudhatul Qur'an Annasimiyyah Semarang Berbasis Mobile diharapkan dapat membantu santri-santriwati bisa belajar dengan baik, cepat serta dapat menyingkat waktu proses belajar membaca Al-Qur’an yang selama ini disampaikan secara manual dengan panduan buku Qiro’ati dan Semoga pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya materi menjadi lebih mudah dipahami dengan baik dan tertarik untuk belajar membaca Al-Qur’an. Objek penelitian ini adalah santri-santriwati Taman Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Qur’an Annasimiyah. Teknik pengumpulan data melalui wawanca dan dokumentasi. Pengembangan rekayasa perangkat lunak menggunakan metode prototyping dengan tahapan komunkasi, perancangan, pembuatan program, ke pelanggan. Untuk memperoleh sebuah hasil belajar yang optimal maka diperlukan sebuah metode cara belajar yang baik. sebagai solusi alternatif yaitu dengan membuat sebuah media pembelajaran yang mudah gunakan oleh santri-santriwati dalam kegiatan belajar dengan menggunakan metode pembelajaran PAIKEM. Pengujian perangkat lunak ini pada santri-santriwati 5 orang untuk mencoba menggunakan perangkat lunak mobile, diminta mengisi quesioner sebanyak 20 santri-santriwati. Hasil pengujian dari data-data 20 responden dari hasil akhir perhitungan baik dari segi fisik program maupun manfaat program bagi user yaitu bahwa program bantu ini telah memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan santri-santriwati terbantu dengan adanya program bantu ini meningkatkan kualitas belajar para santri-santriwati. Meskipun program bantu pembelajaran mobile ini masih banyak hal-hal yang harus dikembangkan.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:06
    Last Modified: 18 Nov 2014 13:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11558

    Actions (login required)

    View Item