UDiNus Repository

Perbandingan Performa Kompresi Citra Menggunakan Algoritma Lempel ZIv Welch dengan Algoritma Run Length Encoding Untuk Kompresi File Citra dengan Parameter Perbandingan Ukuran File, Resolusi, dan Kedalaman Warna

DIDIK, SULISTIANTO (2012) Perbandingan Performa Kompresi Citra Menggunakan Algoritma Lempel ZIv Welch dengan Algoritma Run Length Encoding Untuk Kompresi File Citra dengan Parameter Perbandingan Ukuran File, Resolusi, dan Kedalaman Warna. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3933b) | Preview

    Abstract

    Perkembangan teknologi kamera pada sensor kamera yang mampu menangkap lebih banyak piksel membuat citra yang ditangkap menjadi semakin detil. Hal ini membuat ukuran file dari citra tersebut menjadi semakin besar. Namun citra yang digunakan untuk kebutuhan umum dapat diturunkan kualitasnya sehingga dapat mengurangi ukuran file tersebut tetapi tidak begitu terlihat oleh mata manusia. Hal ini berbeda pada citra yang digunakan pada bidang medis. Citra medis membutuhkan citra dengan tingkat akurasi yang tinggi agar tidak menimbulkan kesalahan tafsir bagi orang yang mengintepretasikan citra tersebut. Namun hal ini membuat ukuran citra menjadi besar dan tidak praktis untuk dikirimkan contohnya untuk kebutuhan telemedicine. Berkat pengolahan citra digital, citra medis berukuran besar dapat dikompresi dengan kompresi lossless sehingga ukuran filenya menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya. Banyak metode yang dapat diterapkan untuk kompresi lossless yaitu Lempel Ziv Welch, Huffman, Run Length Encoding dan beberapa algoritma lain. Pada penelitian ini akan dibandingkan algoritma LZW dan RLE untuk menentukan algoritma yang lebih baik dengan parameter ukuran file, resolusi dan kedalaman warna.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:06
    Last Modified: 18 Nov 2014 13:32
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11563

    Actions (login required)

    View Item