UDiNus Repository

PERBANDINGAN PERFORMASI CITRA STEGANOGRAPHY UNTUK PROTEKSI HAK CIPTA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT INSERTION DAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM

SITI, AGUSTIA HIDAYATI (2012) PERBANDINGAN PERFORMASI CITRA STEGANOGRAPHY UNTUK PROTEKSI HAK CIPTA DENGAN METODE LEAST SIGNIFICANT BIT INSERTION DAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Perlindungan terhadap hak cipta produk digital bukan merupakan hal yang mudah. Pembajakan yang terjadi lebih rumit dideteksi kepemilikannya karena dapat dengan mudah dicopy dan diperbanyak. Salah satu bentuk perlindungan produk digital yaitu teknik steganography. Penyembunyian informasi pada suatu media digital pada steganografi yang berfungsi sebagai identitas kepemilikan berupa hak cipta, disebut dengan watermarking. Terdapat berbagai macam metode watermarking pada citra digital. Dalam tugas akhir ini, akan dilakukan pengujian perbandingan performasi citra tersteganografi pada metode LSB(Least Significant Bit) dan metode DWT (Discrete Wavelet Transform). Dengan pengujian perbandingan ini diharapkan dapat memberikan referansi penggunaan teknik citra steganografi untuk pengamanan informasi hak cipta dengan kualitas gambar dan keamanan pesan yang lebih baik diantara 2 metode sehingga pengguna dapat memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Serangan pada citra hasil penyisipan watermark yang akan digunakan adalah penambahan brightness dan contrass. Sebagai pembanding ketahanan digunakan nilai koleransi antara pesan asli dengan pesan tersembunyi dan kualitas citra di ukur dengan nilai MSE dan PSNR.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:06
    Last Modified: 18 Nov 2014 13:30
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11566

    Actions (login required)

    View Item