RIKA, FANENSA AVITA (2012) Web-Based Self Service untuk Pengelolaan Hubungan Mahasiswa pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Tingginya tingkat persaingan antar institusi pendidikan mengakibatkan setiap institusi harus dapat mengelola institusinya secara profesional. Demikian juga pada Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang selalu berkomitmen untuk memberikan nilai lebih dalam setiap pelayanan demi mewujudkan kepuasan stakeholder, dalam hal ini mahasiswa. Telah cukup banyak praktik pengelolaan hubungan pelanggan atau dikenal dengan istilah Customer Relationship Management (CRM) dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Namun, saat ini pihak Program Studi Sistem Informasi belum memiliki web tersendiri, menyebabkan pihak akademik kesulitan dalam mengetahui dan menganalisa keinginan serta perilaku mahasiswa secara online, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk membangun sebuah website dengan konsep CRM, atau yang dikenal dengan istilah web-based self service sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa. Aplikasi ini dibangun menggunakan Content Management System Joomla 1.5 dengan adanya pengeditan tampilan, penambahan artikel, modul, dan plugin, juga perubahan pada footer sehingga hak cipta menjadi milik Administrator. Database yang digunakan adalah MySQL. Sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah website CRM yang memiliki beberapa ciri tertentu, yaitu web-based self service. Diharapkan dengan adanya website ini, pihak akademik lebih mudah mengetahui keinginan dan perilaku mahasiswa sehingga pelayanan dapat selalu ditingkatkan.
Actions (login required)