UDiNus Repository

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Teknis Proses Lelang dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

INAYA, AINI NUR (2012) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Teknis Proses Lelang dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tender proyek yang dilakukan oleh sebuah perusahaan mempunyai tahapan yang paling penting yang bersifat kritis, yaitu pemilihan pemenang tender. Dalam proses pelaksanaannya, PT. Telekomunikasi Indonesia menggunankan sistem e-auction yang pemilihan pemenang tender hanya berdasarkan membandingkan penawaran harga terbaik. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan sistem pembobotan antara harga dan nilai teknis sehingga diharapkan dalam pemilihan pemenang prinsip QCDS yaitu, tepat mutu (Quality), tepat/kewajaran harga (Cost), tepat waktu penyerahan (Delivery) dan tepat layanan (Service) dapat diperoleh secara efisien dan efektif. Dalam perancangan sistemnya, metode aliran data sistem menggunakan metode terstruktur yaitu menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data. Untuk standar penilaian kriteria menggunakan metode AHP(Analytic Hierarchy Process).Hasil akhir yang di dapat adalah urutan prioritas dari peserta tender yang akan dipilih oleh pengambil keputusan. Secara fungsionalitas sistem sudah dapat menghasilkan output sesuai yang diharapkan dan user dapat menggunakannya dengan mudah. Sehingga dengan adanya aplikasi ini, dapat memudahkan pemilihan pemenang tender dengan pertimbangan yang objektif dan menguntungkan dalam pencapaian value (biaya, waktu dan mutu). Kata Kunci : Tender, Sistem Pendukung Keputusan, DFD, ERD,, AHP(Analytic Hierarchy Process).

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:09
    Last Modified: 18 Nov 2014 11:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11675

    Actions (login required)

    View Item