UDiNus Repository

Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan untuk Mengukur Regresi antara Keaktifan Mahasiswa di Organisasi dengan Prestasi Akademik Mahasiswa

AYUNITA, RAHMADYAH ANZANI (2013) Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan untuk Mengukur Regresi antara Keaktifan Mahasiswa di Organisasi dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3779b) | Preview

    Abstract

    Fenomena rendahnya minat dan kesadaran mahasiswa untuk aktif terlibat dalam organisasi kemahasiswaan, terjadi hampir diseluruh kampus di Indonesia. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah adanya asumsi bahwa mahasiswa yang aktif berorganisasi tidak akan bisa meraih prestasi akademis yang memuaskan. Untuk membuktikan kebenaran asumsi tersebut, maka pada penelitian ini diuji hubungan atau regresi antara keaktifan mahasiswa dalam organisasi dengan prestasi akademik mahasiswa, dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan Perambatan Balik (JST-PB). Hasil penilitian menunjukkan bahwa keaktifan mahasiswa di organisasi tidak selalu memiliki regresi negatif terhadap peningkatan prestasi mahasiswa. Dari tiga variabel input , dua variabel yaitu jumlah kelompok binaan dan prestasi organisasi menunjukkan regresi positif terhadap variabel output yaitu IPK mahasiswa. Selanjutnya dapat dilakukan penelitian mengenai faktor lain yang dapat mempengaruhi baiknya prestasi akademik mahasiswa.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:11
    Last Modified: 18 Nov 2014 07:23
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11745

    Actions (login required)

    View Item