UDiNus Repository

PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

MASITA, AYU ADE (2013) PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan memunculkan bibit-bibit berprestasi penerus bangsa. Dalam rangka memberikan penghargaan pada anak-anak berprestasi tersebut maka diadakan adanya program beasiswa. Menurut undang-undang pemerintah beasiswa yang diberikan itu merupakan beasiswa untuk mereka yang berprestasi tetapikurang mampu dalam segi ekonominya. Masalah-masalah dalam penentuan beasiswa sering bermunculan, kebanyakan hanya menggunakan satu kriteria saja yang meraka gunakan dalam penentuan beasiswa, sehingga penyaluran dana beasiswa menjadi tidak tepat sasaran. Sehingga perlu adanya sistem pendukung keputusan untuk membantu menyeleksi penerima beasiswa tersebut. Proses pembuatan sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima beasiswa di Sekolah Menengah Atas mengggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) dengan metode Weighted Product (WP). Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternative terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu yang berhak menerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu siswa terbaik. Berdasarkan pengujian yang dilakukan,sistem yang dibuat mampu memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, membantu mempercepat dalam penyeleksian penerima beasiswa, dan juga sistem dapat megurai kesalahan dalam menentukan penerima beasiswa.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:11
    Last Modified: 18 Nov 2014 07:06
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11761

    Actions (login required)

    View Item