UDiNus Repository

Penerapan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jurusan di Perguruan Tinggi

FARANTIKA, YOGYASTUTI (2013) Penerapan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jurusan di Perguruan Tinggi. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kebutuhan pendidikan yang tinggi saat ini terus meningkat seiring dengan pertambahan penduduk dan naiknya status ekonomi masyarakat. Minat siswa untuk melanjutkan pendidikan dari SMA ke perguruan tinggi sangat tinggi. Namun, masalah yang sering dihadapi oleh siswa SMA adalah dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi. Banyak jurusan yang ditawarkan di perguruan tinggi. Siswa harus benar-benar selektif dalam pemilihan jurusan. Karena pemilihan jurusan erat kaitannya dengan masa depan. Untuk memudahkan siswa dalam pemilihan jurusan dibutuhkan sistem yang dapat memberikan bantuan kepada mereka dalam menentukan pemilihan jurusan sesuai dengan kemampuan serta kepribadian. Sistem yang dianggap mampu memberikan bantuan dalam memilih jurusan adalah Sistem Pendukung Keputusan. Sistem ini digunakan untuk membantu mengambil keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan tidak terstruktur dimana tak seorang pun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat. Promethee merupakan basis metode yang digunakan dalam penelitian untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam menentukan pemilihan jurusan. Dimana dengan menggunakan metode tersebut akan diperoleh alternatif-alternatif keputusan yang telah diranking untuk selanjutnya dijadikan referensi atau pendukung bagi siswa SMA dalam memilih jurusan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu siswa SMA dalam menentukan jurusan di perguruan tinggi melalui alternative rekomendasi jurusan yang dihasilkan oleh sistem. Kemudian berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sistem yang dibuat dapat membantu siswa SMA melalui hasil rekomendasi jurusan yang dihasilkan oleh sistem. Yang mana rekomendasi jurusan tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:11
    Last Modified: 18 Nov 2014 07:05
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11762

    Actions (login required)

    View Item