UDiNus Repository

Rancang Bangun Aplikasi Natural Language Processing Untuk Mengetahui Pola Kalimat dan Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia Dengan Metode Probabilistic Parsing Berbasis Web

RESA, SEPTIARI (2013) Rancang Bangun Aplikasi Natural Language Processing Untuk Mengetahui Pola Kalimat dan Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia Dengan Metode Probabilistic Parsing Berbasis Web. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3929b) | Preview

    Abstract

    Dalam penulisan tata bahasa Indonesia, terdapat aturan baku yang mulai dilupakan akibat perkembangan bahasa populer. Para penulis muda sering mencampuradukkan tata bahasa tanpa memperhatikan struktur atau pola dalam kalimat tersebut. Oleh sebab itu, maka penulis berinisiatif membuat suatu perangkat lunak pemrosesan bahasa alami berbasis web yang berfungsi untuk memproses bahasa Indonesia sesuai dengan pola dan jenis katanya. Pemrosesan bahasa alami atau lebih dikenal dengan Natural Language Processing(NLP) adalah cabang dari ilmu komputer, kecerdasan buatan, dan bahasa yang fokus dalam mempelajari interaksi antara komputer dan bahasa alami manusia (dalam hal ini bahasa Indonesia). Agar komputer dapat memahami tentang tata bahasa Indonesia, maka komputer harus diberikan pengetahuan dasar tentang pola dasar tata bahasa Indonesia dengan metode dan algoritma tertentu. Aplikasi NLP bahasa Indonesia ini selain bertujuan untuk mengetahui apakah suatu kalimat sudah baku atau belum baku juga untuk mengembangkan pemrosesan bahasa alami bahasa Indonesia yang berbasis web sehingga lebih mudah digunakan. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode probabilistic parsing dengan algoritma CYK parser, sedangkan untuk kerangka kerja web menggunakan Zend Framework.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:11
    Last Modified: 18 Nov 2014 07:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11765

    Actions (login required)

    View Item