UDiNus Repository

APLIKASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MENDUKUNG SELEKSI CALON PENERIMAAN BEASISWA PADA SMP NEGERI 1 CIHAURBEUTI CIAMIS

RIZAL, S.H APRIZAL (2013) APLIKASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK MENDUKUNG SELEKSI CALON PENERIMAAN BEASISWA PADA SMP NEGERI 1 CIHAURBEUTI CIAMIS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1065Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Banyak sekali program bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada instansi pendidikan baik itu tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Bantuan yang diberikan diantaranya bantuan operational sekolah sampai dengan beasiswa bagi siswa berprestasi. SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Ciamis merupakan salah satu sekolah yang sering diberikan bantuan beasiswa bagi para siswanya. Akan tetapi, penentuan penerima beasiswa di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Ciamis selama ini hanya ditentukan manual dengan mengurutkan nilai akademik tertinggi dan hanya berdasar satu kriteria saja. Di sini peneliti melihat bukan hanya nilai akademik tertinggi saja dalam penentuan penerima beasiswa, akan tetapi ada beberapa Kriteria selain nilai akademik seperti tingkat pendapatan orang tua, prestasi siswa, keikutsertaan pada program beasiswa lain, keikutsertaan pada organisasi sekolah, status siswa (miskin/tidak), jumlah tanggungan orang tua. Dari permasalahan di atas maka diperlukan adanya metode analisis untuk membantu menyelesai kan permasalahan tersebut. Peneliti mencoba menerapkan metode Hierarchy Process Analitycal untuk penyelesaian sistem pengambilan keputusan, yang mana metode Analitycal Hierarchy Process akan menghitung pada skala yang sesuai dengan nilai masing-masing kriteria yang dimiliki siswa tersebut untuk menghasilkan informasi tentang siapa saja yang akan menerima beasiswa. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil dari analisa sistem pendukung keputusan dengan metode Analitycal Hierarchy Process mampu membantu pihak sekolah atau pemberi beasiswa untuk menentukan penerima beasiswa.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:11
      Last Modified: 18 Nov 2014 07:01
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11767

      Actions (login required)

      View Item