UDiNus Repository

Uji Komparasi Pembagian Kelas Adaptif Di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang Dengan Pendekatan Manual Dan Otomatis Dengan Metode MSE

DANAR, ADI NUGROHO (2013) Uji Komparasi Pembagian Kelas Adaptif Di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Semarang Dengan Pendekatan Manual Dan Otomatis Dengan Metode MSE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh Jur. Tek. Sipil FT UNTAG Semarang selama ini melakukan pelayanan administrasi pendidikan dalam proses pembagian kelas masih menggunakan metode manual.Adapun rumus masalah dari penelitian ini adalah:1.Proses pembagian kelas dengan metode manual tidak dapat mencapai kuota maksimum yang ditentukan.2.Dibutuhkan metode baru dalam proses pembagian kelas agar kuota maksimum bisa tercapai.3.Metode baru yang digunakan harus bisa dibuktikan keakuratannya dengan metode MSE.Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Jur. Tek. Sipil FT UNTAG Semarang.Fokus penelitian terpusat pada mencari keakurasian antara dua metode otomatis dengan metode manual menggunakan metode MSE pada proses pembagian kelas.Hasil proses pembagian kelas secara ketiga metode tersebut adalah Metode otomatis I,Metode otomatis II dan Metode manual.Metode otomatis I dan metode otomatis II yang telah di hitung keakurasian dengan metode MSE,dengan membandingkan metode manual.Hasil tersebut didapatkan nilai keakurasian yang kecil yaitu metode otomatis I dibandingkan dengan metode otomatis II. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan:1.Penulis telah melakukan analisa dan membuat langkah-langkah proses pembagian kelas yang mendekati metode manual.Sehingga metode tersebut dapat dijadikan standart untuk proses pembagian kelas.2.Penulis membuat dua metode otomatis yang melalui pendekatan kuota minimal,kuota maksimal dan metode manual.Sehingga metode tersebut dalam proses pembagian kelas dapat mencapai kuota maksimum yang telah ditentukan.3.Kedua metode otomatis yaitu metode otomatis I dan metode otomatis II yang telah di hitung keakurasian dengan metode MSE,dengan membandingkan metode manual.Hasil tersebut didapatkan nilai keakurasian yang kecil yaitu:metode otomatis I dibandingkan dengan metode otomatis II.4.Proses pembagian kelas di Jur. Tek. Sipil FT UNTAG Semarang dapat menggunakan metode otomatis I sebagai pengganti metode manual yang sudah ada.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:12
    Last Modified: 18 Nov 2014 06:38
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11785

    Actions (login required)

    View Item