NUR, MUTTAQIN IMAMIL (2013) SMS GATEWAY SEBAGAI IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT YANG LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN PADA C.V. AIDA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
CRM (Customer Relationship Management) adalah suatu usaha yang mendukung suatu perusahaan untuk berusaha agar hubungan dengan konsumen tetap terjaga. Tujuan utama dari CRM adalah menjaga hubungan baik antara produsen dengan konsumen secara efektif dan efisien dengan melalui berbagai macam teknik, metode dan teknologi. CRM akan mengolah dan menganalisis data kemudian dipergunakan untuk berinteraksi dengan konsumen, dengan demikian diharapkan dapat mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan konsumen. SMS GATEWAY adalah merupakan salah satu SMS based service, SMS based service ini semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan karena dianggap mampu menjangkau hampir seluruh jaringan pengguna seluler yang menjadi customer perusahaan tersebut dan biayanya yang cukup murah, beberapa perusahaan menggunakan layanan SMS ini untuk meningkatkan proses bisnisnya terutama mengenai hubungan dengan cutomer, dan keperluan komunikasi lainnya . karena panjang data dari SMS yang bersifat kecil, maka pengolahan data dari layanan ini dapat dilakukan secara cepat sehingga dapat meningkatkan efisiensi kegiatan bisnis. Mengenai implementasi teknologi SMS GATEWAY ini adalah sebagai pemberi layanan informasi payment reminder, informasi tentang produk baru kepada para pelanggan dan pemesanan produk dari pelanggan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:12 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 06:24 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11793 |
Actions (login required)
View Item |