UDiNus Repository

Sistem Informasi Akademik pada TK Tarbiyatul Athfal 43 Semarang

ARUM, PUSPITA AMALIA (2013) Sistem Informasi Akademik pada TK Tarbiyatul Athfal 43 Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3988b) | Preview

    Abstract

    Pada era globalisasi sekarang ini kemampuan sebuah organisasi untuk memproses data dengan cepat sangatlah dibutuhkan. Permasalahan yang terdapat pada TK Tarbiyatul Athfal 43 Semarang yaitu data yang ada di sekolah berbeda dengan data formulir pandaftaran siswa (inkonsistensi data), penulisan data sering kali berlebihan dan dokumentasi yang kurang baik. Dengan adanya permasalahan tersebut, penulis bertujuan untuk membuat suatu program Sistem Informasi Akademik yang dapat membantu dalam proses pendataan dan pembuatan laporan sehingga dapat mempermudah pelaksanaan tugas akademik.Metode penelitian yang penulis buat dengan menggunakan metode pendekatan waterfall, alat yang digunakan untuk merancang sistem berupa Flow Map, Contex diagram (Diagram Konteks), Data Flow Diagram (DFD), kamus data, normalisasi, entity relation diagram (ERD) dan rancangan input/outputnya. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan study kepustakaan. Program ini dirancang dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic 6.0, database yang digunakan untuk membantu program ini adalah SQLyog Enterprise dan untuk pembuatan laporan menggunakan Crystal Report.Sistem Informasi Akademik yang telah dibuat sudah terkomputerisasi, sehingga sangat diharapkan dapat membantu dalam pengolahan data-data akademik yang ada di TK Tarbiyatul Athfal 43 Semarang sehingga lebih efektif dan efisien karena penyimpanan data sudah dalam bentuk database.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:13
    Last Modified: 18 Nov 2014 05:52
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11823

    Actions (login required)

    View Item