UDiNus Repository

Evaluasi web berdasarkan pedoman WCAG 2.0 sebagai strategi untuk meningkatkan peringkat dalam webometrics (studi kasus : website UDINUS semarang)

HARTATIK, (2013) Evaluasi web berdasarkan pedoman WCAG 2.0 sebagai strategi untuk meningkatkan peringkat dalam webometrics (studi kasus : website UDINUS semarang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3964b) | Preview

    Abstract

    Website merupakan salah satu sarana untuk mempromosikan perguruan tinggi. Dengan adanya website perguruan tinggi dapat dikenal oleh dunia. Setiap perguruan tinggi ingin dapat menuju World class University (WCU) yaitu salah satu cara untuk menjadi perguruan tinggi berkualitas dunia. Salah satunya adalah UDINUS. Peningkatan peringkat ini melalui penilaian website yang dikenal dengan Webometrics. webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan pada pemanfaatan teknologi dan informasi. Untuk meningkatkan peringkat perguruan tinggi maka perlu dilakukan evaluasi terhadap konten dan kesesuaian website dengan menggunakan standar global yang dibuat oleh Word Wide Web Consortium’s (W3C). Dimana standar evaluasi website yang dibuat oleh W3C adalah Web Content Accessibility Guidelines (WCAG). Permasalahan yang akan diselesaikan dalam Tugas Akhir ini adalah menentukan metode evaluasi berdasarkan kriteria teknis dan non-teknis webometrics. mengevaluasi website dengan menggunakan web evaluation tool yaitu TAW3, Contrast analyser, dan search engine optimizer. Kemudian melakukan analisis berdasarkan hasil dari evaluasi website.Hasil akhir tugas akhir ini adalah daftar kesalahan dan prosentasenya untuk tiap-tiap website, kemudian disusun rekomendasi perbaikan terhadap website di UDINUS.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:13
    Last Modified: 18 Nov 2014 05:34
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11837

    Actions (login required)

    View Item