ZAENAL, ARIFIN (2013) Purwa Rupa Game Interaktif 3D untuk Menambah Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Tuna Rungu Usia 12 - 17 Tahun dengan Metode Maternal Reflektif. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Tunarungu adalah keadaan seseorang yang mengalami gangguan pendengaran dan erat kaitannya dengan kekayaan bahasanya. UU No. 20/2003, bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan tetapi faktanya, prosentase guru-guru SLB hanya mencapai kurang lebih 21% dari jumlah total siswa. Dari sisi riset, Marschark dkk (2007) melakukan studi tentang permainan "Trivia Pursuit Junior Game" dan beberapa riset lainnya menyimpulkan bahwa permainan dan pembelajaran dapat menambah kosakata dan fungsi kognitif untuk komunikasi dan interaksi penyandang tunarungu. Metode ajar di SLB Negeri Semarang yaitu MMR (Metode Maternal Reflektif). MMR fokus terhadap objek yang diperlihatkan lalu disampaikan materi atas objek tersebut. Permasalahan diantaranya Daya tangkap siswa yang berbeda dan tidak ada guru mata pelajaran bahasa inggris. Komputer yang ada belum mencakup seluruh siswa. Kurangnya alat bantu aplikasi, waktu, dan minat siswa belajar dan jenuh, sehingga mereka banyak fokus terhadap aplikasi luar khususnya game interaktif yang di pasang di komputer sekolah tersebut. Pemanfaatan berbagai solusi dari permasalahan yang ada dalam lingkup siswa tunarungu dan pembelajarannya menjadikan pengetahuan mereka bertambah dan tidak bosan terhadap pelajaran yang ada karena diawali dengan permainan. Hasilnya sebuah aplikasi Edu Games untuk dimainkan anak tunarungu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 17:14 |
Last Modified: | 18 Nov 2014 05:03 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11858 |
Actions (login required)
View Item |