UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMENANG LELANG PROYEK PEMERINTAH DENGAN METODE BAYES (STUDI KASUS : DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN GROBOGAN )

ROMDHONI, WIDAYANTORO TRIAT (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMENANG LELANG PROYEK PEMERINTAH DENGAN METODE BAYES (STUDI KASUS : DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN GROBOGAN ). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (1074Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Penelitian ini membahas tentang pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Panitia Pengadaan Jasa Pemborong dalam menentukan jasa Pemborong Proyek dengan memakai 3 kategori yaitu administrasi, keuangan dan teknis. Panitia pengadaan jasa pemborongan merasa kesulitan dalam penilaian karena untuk menilai satu kriteria terlebih dahulu dilakukan dengan menilai setiap unsur yang ada pada kriteria dan persyaratannya. Dalam penilaian ini dapat juga terjadi ketidakpuasan penyedia jasa pemborongan terhadap penilaian yang dilakukan panitia pengadaan jasa pemborongan. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan model prototyping ,penelitian dimulai dengan tahap requirements engineering yang terdiri dari perencanaan, penelitian, dan analisis. Kemudian mengumpulkan referensi yang berkaitan dengan dasar-dasar sistem pendukung keputusan dan kriteria bayes yang menjelaskkan rumus-rumus yang dipakai dalam kriteria bayes tersebut. Tahap yang kedua adalah design yang terdiri dari perancangan, pembuatan algoritma keputusan, dan pemodelan data. Tahap berikutnya mengimplementasikan rancangan tersebut, dengan menggunakan program Microsoft visual basic 6.0 dan tahap terakhir melakukan pengujian dari aplikasi yang telah dibuat. Penelitian yang dibuat menghasilkan sebuah sistem Pendukung keputusan yang dapat menentukan perusahaan yang berhak menjadi pemenang jasa pemborong proyek beserta grafik perbandingan perusahaan yang lulus dan gugur dalam penyeleksian penentuan jasa pemborong proyek.

      Item Type: Article
      Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:15
      Last Modified: 18 Nov 2014 04:29
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11889

      Actions (login required)

      View Item