UDiNus Repository

Penerapan Algorithma Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Meningkatkan Keamanan Pada Steganografi Least Significant Bit(LSB) Citra Digital

FERIA, MAYANGSARI (2013) Penerapan Algorithma Advanced Encryption Standard (AES) Untuk Meningkatkan Keamanan Pada Steganografi Least Significant Bit(LSB) Citra Digital. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3605b) | Preview

    Abstract

    Seiring dengan perkembangan teknologi, ancaman terhadap keamanan informasi yang dibutuhkan semakin besar, terutama untuk informasi yang dirahasiakan. Berbagai ancaman di dunia maya membuat orang khawatir akan keamanan informasi yang dikirimnya. Salah satunya adalah keamanan informasi dalam pengiriman gambar. Untuk mengatasi masalah keamanan data tersebut, dapat diterapkan Ilmu Kriptogafi dan Steganografi. Solusinya adalah dengan menerapkan metode Leat Significant Bit untuk Ilmu Steganografi dan Advanced Encryption Standard untuk Ilmu Kriptografi agar meningkatkan keamanan dalam pengiriman informasi. Berdasarkan hasil percobaan tersebut, enkripsi dengan menggunakan Advances Encryption Standart (AES) terbukti meningkatkan keamanan yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil ekstraksi tidak dapat dibaca jika kunci dekripsi yang dimasukan tidak cocok dengan kunci enkripsinya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:16
    Last Modified: 18 Nov 2014 03:36
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11938

    Actions (login required)

    View Item