UDiNus Repository

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bermain Gamelan Jawa untuk Generasi Muda di Semarang sebagai Pendukung Pelestarian Alat Musik Tradisional

YOSSI, A. RAHMANTIKA (2013) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Bermain Gamelan Jawa untuk Generasi Muda di Semarang sebagai Pendukung Pelestarian Alat Musik Tradisional. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    DE VOLKS-KUNST VERENINGING SOBOKARTTI dirancang dan dibangun oleh Henry Thomas Karsten sebagai bangunan berarsitektur Jawa kedua yang dibangunnya setelah pendopo di kompleks Istana Mangkunegaran Surakarta tahun 1923. Sobokartti dibangun karena perhatian dan minatnya pada kebudayaan dan kesenian lokal Jawa. Berdasarkan pengkajian dan pemahamannya tentang kesenian rakyat setempat, baik wayang orang maupun wayang kulit dan gamelan jawa sebagai pengiring musiknya. Perlunya disosialisasikan seputar gamelan jawa kepada masyarakat dengan sungguh-sungguh adalah supaya masyarakat memiliki rasa cinta terhadap warisan budaya. Gamelan jawa sendiri merupakan alat musik tradisional jawa yang sering digunakan sebagai pengiring musik hampir setiap kesenian jawa. Tujuan perancangan ini adalah sebagai pengenalan kembali dan ajakan bermain gamelan dengan tema “Ayo Dolanan Gamelan, Cah!!!” kepada masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya melalui media utama film iklan dan didukung oleh media lainnya. Model perancangan yang digunakan adalah deskriptif, yaitu perancangan yang disusun dari latar belakang, rumusan masalah, identifikasi, dan tujuan perancangan. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan survey, wawancara, dan pustaka yang menunjukkan hasil identifikasi data tentang data terkait mengenai organisasi. Sedangkan metode analisa data menggunakan 5W + 1 H dan analisa framing untuk menentukan bagaimana pesan dapat tersampaikan, sehingga dapat disimpulkan tujuan komunikasi, pesan utama, serta materi pesan. Perancangan ini menggunakan media film iklan (audio visual) sebagai media utama dalam penyampaian pesan sosialisasi dengan media pendukung poster, iklan tabloid, stiker, t-shirt, mug, x-banner dan perancangan maskot “Ayo Dolanan Gamelan, cah!!!”.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:16
    Last Modified: 18 Nov 2014 03:31
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/11943

    Actions (login required)

    View Item