UDiNus Repository

Penerapan Database Terdistribusi Menggunakan Metode Bottom Up Fragmentation Studi Kasus Aplikasi Rekam Medis PMI Purwokerto

M.I., BANUAJI BAYU (2013) Penerapan Database Terdistribusi Menggunakan Metode Bottom Up Fragmentation Studi Kasus Aplikasi Rekam Medis PMI Purwokerto. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (89Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3809b) | Preview

      Abstract

      Traffic jaringan yang padat dikarenakan semua counter / bagian mengakses server database menjadi permasalah pada PMI Purwokerto. Padatnya jalur data dari dan ke server mempengaruhi kecepatan akses pertukaran data dimana database berada pada satu lokasi (Database terpusat). Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menerapkan teknik database terdistribusi menggunakan metode bottom up fragmentation untuk mengatasi kepadatan jalur data dan traffic jaringan. Database terdistribusi adalah membagi atau menyebar database dari database server utama ke beberapa database pada tiap bagian. Metode yang digunakan dalam teknik pendistribusian database ini adalah metode Bottom Up Fragmentation. Dimana dalam tahapan design database ditentukan entitas, atribut, dan relasi terlebih dahulu. Kemudian dipecah dan tiap record diberikan satu tuple_id yang berguna untuk menggabungan database itu kembali. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang biasa digunakan dalam operasional pelayanan, yaitu data pasien, data dokter, data obat, data rekam medis, dan data pemeriksaan guna menyimpulkan entitas, atribut, dan relasi apa saja yang nantinya akan digunakan dalam penelitian ini dan digunakan untuk penerapan database terdistribusi.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:18
      Last Modified: 18 Nov 2014 01:38
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12012

      Actions (login required)

      View Item