UDiNus Repository

Klasifikasi Pola Konten E-mail dengan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Metode Back Propagation untuk Pengecekan Spam E-mail dengan Acuan DMC 2003

ENGGAR, PRADIPA (2013) Klasifikasi Pola Konten E-mail dengan Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Metode Back Propagation untuk Pengecekan Spam E-mail dengan Acuan DMC 2003. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (192Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (3442b) | Preview

      Abstract

      Penentuan klasifikasi e-mail yang termasuk dalam kategori Spam dapat dilakukan dengan melihat environment yang ada pada Suatu e-mail. Salah satunya dengan melihat konten dari e-mail tersebut. Permasalahan dalam klasifikasi e-mail dengan cara ini muncul ketika kata-kata yang bisa dijadikan acuan dalam pengklasifikasian tersebut mencapai jumlah ratusan, ribuan dan bisa tak terhingga. Data Mining terhadap basis data yang digunakan dalam acuan untuk menemukan pola klasifikasi e-mail spam dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Dengan menggunakan Jaringan Saraf Tiruan metode Back Propagation, pola klasifikasi dari data mining dapat ditemukan dengan representasi berupa bobot-bobot dari setiap node yang terdapat pada struktur jaringan saraf tersebut. Dengan Pola inilah, klasifikasi e-mail dapat dilakukan dengan tingkat akurasi yang dapat dipercaya.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:18
      Last Modified: 18 Nov 2014 01:37
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12013

      Actions (login required)

      View Item