UDiNus Repository

PENYEMBUNYIAN PESAN TEXT TERENKRIPSI MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI STREAM CIPHER DAN STEGANOGRAFI END OF FILE DENGAN FILE INDUK PDF

BELY, ARIFPRIYANTO (2013) PENYEMBUNYIAN PESAN TEXT TERENKRIPSI MENGGUNAKAN METODE KRIPTOGRAFI STREAM CIPHER DAN STEGANOGRAFI END OF FILE DENGAN FILE INDUK PDF. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer. (Unpublished)

[img]
Preview
PDF (JURNAL)
Download (343Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview
      [img] PDF (PREVIEW)
      Download (245Kb)
        [img] PDF (BAB 1)
        Download (114Kb)
          [img] PDF (BAB 2)
          Download (487Kb)
            [img] PDF (BAB 3)
            Restricted to Repository staff only

            Download (15Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 4)
              Restricted to Repository staff only

              Download (1067Kb) | Request a copy
                [img] PDF (BAB 5)
                Restricted to Repository staff only

                Download (8Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
                  Download (6Kb)

                    Abstract

                    Pada jaman sekarang ini, internet sudah menjamur di semua kalangan baik kalangan muda maupun kalangan bisnis. Kita sebagai orang umum juga harus dipaksa untuk menggunakan internet, baik itu untuk keperluan pengiriman data maupun hanya sekedar berkirim pesan pendek berbentuk chatting menggunakan handphone. Akan tetapi, dalam pengiriman data tersebut banyak pihak yang tidak berkepentingan ingin mendapatkan data yang dikirimkan tersebut. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis mempunyai pemikiran untuk membuat aplikasi untuk mengamankan data yang penting. Dalam hal ini, hanya berfokus pada teks. Untuk metode yang diterapkan dalam sistem keamanan ini, penulis menggunakan gabungan dua buah metode yaitu kriptografi dan steganografi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan data setelah di kriptografi selanjutnya dilakukan penyimpanan ke file lain yang sering kita sebut steganografi. Dalam kriptografi ini, pesan akan dienkripsi atau diacak sedemikian rupa sehingga orang lain tidak dapat mengetahui apa yang ada dalam pesan tersebut. Pada metode kriptografi ini, penulis menggunakan algoritma stream cipher sebagai algoritma yang paling cocok digunakan untuk mengacak pesan atau menyandikan pesan tersebut. Setelah pesan dapat tersandikan dengan baik, langkah selanjutnya adalah melakukan steganografi. Dalam steganografi, pesan yang tadi sudah terenkripsi dengan baik kemudian disembunyikan pada file lain yang dirasa tidak terlalu penting apabila dilihat oleh orang lain menggunakan teknik End of File. Hal ini dilakukan untuk mengaburkan pandangan manusia supaya pesan yang ada di dalamnya masih tetap terjaga. Setelah semua langkah tersebut selesai, baru pesan dapat dikirimkan kepada pihak penerima tanpa diketahui oleh orang lain.

                    Item Type: Article
                    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
                    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
                    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                    Depositing User: Psi Udinus
                    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:19
                    Last Modified: 07 Sep 2015 14:04
                    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12047

                    Actions (login required)

                    View Item