UDiNus Repository

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TAMAN DJAMOE INDONESIA DI KOTA SEMARANG

ARSY, AFIFA (2013) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TAMAN DJAMOE INDONESIA DI KOTA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Taman Djamoe Indonesia merupakan satu-satunya taman dengan tanaman jamu terlengkap di Indonesia. Di Taman Djamoe Indonesia inilah masyarakat dapat mengenal secara lebih dekat akan keanekaragaman tanaman jamu yang selama ini sering dinikmati hasilnya, namun tak banyak diketahui bentuk tanamanya. Taman Djamoe Indonesia ini selain sebagai tempat wisata keluarga juga sebagai tempat penelitian dan edukasi. Selain menampilkan keindahan alam dengan berbagai macam tanaman jamunya pengunjung bisa melihat dan menggunakan berbagai fasilitas yang ada di Taman Djamoe ini seperti Spa Srikaton, Taman Djamoe Resto, Taman Djamoe Gift Shop dan Meneer Shop, Taman Djamoe Herbaclinic, Taman Djamoe Herbal Collection and Market, Amphitheatre, Green House, Laboratorium, Jogging and Biking track, dan Helipad. Namun kebanyakan masyarakat khususnya di kota Semarang masih belum mengetahui keberadaan Taman Djamoe karena Taman Djamoe masih terbilang tempat wisata baru. Jadi, pengunjung yang datang belum terlalu banyak pada setiap harinya dan masih terbilang sepi. Taman Djamoe Indonesia sangat berpotensi sebagai salah satu tempat wisata yang dapat mengangkat citra jamu dan melestarikan jamu sebagai warisan budaya bangsa. Kurangnya media promosi yang dilakukan oleh Taman Djamoe menjadi salah satu penyebab kurang dikenalnya taman ini di kota Semarang dan sekitarnya. Kurangnya media promosi yang ada belum mampu mempengaruhi rasa ketertarikan masyarakat untuk berwisata ke Taman Djamoe Indonesia dan menarik minat wisatawan dari berbagai daerah untuk mengunjungi tempat wisata ini. Tujuan dari perancangan ini adalah membuat media promosi untuk mengenalknan dan mengkomunikasikan Taman Djamoe Indonesia agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung sesuai dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), kemudian dilanjutkan dengan pembuatan konsep perancangan. Secara komprehensif perancangan ini terdiri dari pembuatan media lini atas dan lini bawah yaitu iklan poster pada surat kabar dan iklan poster pada majalah, brosur, leaflet, katalog, x-banner beberapa marchandise seperti t-shirt, mug, kalender meja, dan stiker.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:19
    Last Modified: 18 Nov 2014 00:28
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12055

    Actions (login required)

    View Item