UDiNus Repository

Rancang Bangun Jaringan Syaraf Tiruan Pendeteksi Penurunan Fungsi Organ Ovarium Melalui Pengenalan Citra Pola Iris Mata Dengan Metode Propagasi Balik

HANNY, HAPSARI INDRI (2013) Rancang Bangun Jaringan Syaraf Tiruan Pendeteksi Penurunan Fungsi Organ Ovarium Melalui Pengenalan Citra Pola Iris Mata Dengan Metode Propagasi Balik. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3897b) | Preview

    Abstract

    Gangguan pada ovarium seringkali disebabkan dari gaya hidup yang tidak sehat. Adanya kendala pribadi saat melakukan pemeriksaan seperti, rasa takut, tidak nyaman menjadi hal yang perlu diatasi. Iridologi dapat menjadi solusi alternatif untuk pemeriksaan organ ovarium. Penerapan iridologi biasanya menggunakan kamera untuk capture iris mata saja. Hal ini menunjukkan belum dimaksimalkannya peran teknologi informasi sebagai cara untuk mengenali pola iris dengan penurunan fungsi organ ovarium atau organ ovarium normal. Jaringan Syaraf Tiruan metode Propagasi Balik dapat digunakan sebagai salah satu cara pengenalan pola iris. Kelebihan dari Propagasi Balik yaitu meminimalkan error yang terjadi dengan tiga tahapan (propagasi maju, propagasi mundur dan perubahan bobot). Hasil penelitian terhadap metode Propagasi Balik untuk mengenali 30 pola iris mata dengan penurunan fungsi ovarium dan 30 pola iris mata dengan organ ovarium normal sebagai citra pembelajaran berhasil mencapai prosentase keberhasilan 100% dan untuk 23 citra uji baru (7 pola iris dengan penurunan ovarium dan 16 pola iris dengan ovarium normal) berhasil mencapai prosentase keberhasilan 91.3%. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam pemeriksaan Iridologi khususnya organ ovarium.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 10 Oct 2014 17:22
    Last Modified: 17 Nov 2014 21:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12156

    Actions (login required)

    View Item