UDiNus Repository

MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK LINGKUNGAN (TALI) SEBAGAI DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE STUDENT (STUDI KASUS PADA SDN ALASDOWO 01 KAB. PATI)

WIWIK, INDRIANI (2013) MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK LINGKUNGAN (TALI) SEBAGAI DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE STUDENT (STUDI KASUS PADA SDN ALASDOWO 01 KAB. PATI). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (837Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (4Kb) | Preview

      Abstract

      Kesulitan guru dalam menerapkan metode pembelajaran tematik di kelas 1 dan nilai siswa yang belum memenuhi indikator keberhasilan pada mata pelajaran PKN dan IPS, menjadi suatu permasalahan penelitian. Tujuan penelitian dari permasalahan tersebut adalah menghasilkan media pembelajaran tematik lingkungan mata pelajaran PKN dan IPS dalam membantu guru menerapkan metode pembelajaran tematik dan meningkatkan hasil nilai belajar siswa. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Pada tahap evaluasi terdiri dari tahap pengujian produk media pembelajaran dengan pengujian Black Box untuk memastikan program telah selesai dan berhasil dioperasikan. Selanjutnya dilakukan pengujian User Acceptance dengan menyebarkan kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa kelas 1 SDN Alasdowo 01 Kab. Pati terhadap media pembelajaran yang terdiri atas 18 siswa kelas 1 sebagai responden. Kemudian terakhir pengujian tingkat nilai belajar dengan uji statistik hipotesis dari hasil nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi : (1) hasil pengujian Black Box tidak terjadi kesalahan sehingga dapat diimplementasikan dan didistribusikan kepada user. (2) pengujian user acceptance mencapai tingkat keberhasilan 81,94% menyatakan media pembelajaran dapat mempermudah dan membantu siswa dalam proses pembelajaran tematik mata pelajaran PKN dan IPS. (3) Hasil uji hipotesis diterima pernyataan hipotesis H1 yaitu rerata nilai siswa sebelum menggunakan media pembelajaran tematik lingkungan lebih kecil dengan rerata nilai sesudah menggunakan media pembelajaran tematik lingkungan. Dapat dinyatakan media pembelajaran tematik lingkungan dapat meningkatkan hasil nilai belajar siswa mata pelajaran PKN dan IPS.

      Item Type: Article
      Subjects: T Technology > Teknik Informatika
      Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
      Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
      Depositing User: Psi Udinus
      Date Deposited: 10 Oct 2014 17:23
      Last Modified: 17 Nov 2014 21:42
      URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/12170

      Actions (login required)

      View Item